RSS
Facebook
Twitter

Thursday, May 19, 2011

unik : Penyajian Makanan dan Minuman yang Unik

1. Ikizukuri

Tahukah para sahabat blogger sekalian apa itu ikuzukuri?

Secara harafiah, ikizukuri memiliki makna : dimakan hidup-hidup.orang jepang suka akan makanan mentah contohnya sushi, dan lain-lain. kenapa saya langsung menulis dan lain-lain? karena gag tahu apa yang mentah lagi. hehe.
ok..back to the topic.. mau tau kenapa di sebut di makan mentah2? check this...
Mula-mula pengunjung diminta memilih ikan mana yang ingin dia makan dari sebuah akuarium. Anda berhak memilih ikan yang paling segar, paling berbahagia, dan paling mensyukuri hidup. Kemudian sang koki akan menjaring ikan tersebut keluar dan melakukan ritual penyembelihan, tanpa membunuhnya.
Jika anda penggemar puzzle, ini menarik. Ikan tersebut akan dipancang di meja. Kemudian sang koki akan mengiris-iris daging ikan itu tanpa melukai organ vitalnya. Kemudian dia pun melakukan re-assembly laiknya menyusun puzzle 20 keping. Ini bagus hanya jika anda memandangnya dari sudut pandang artistik. Dari sudut pandang ikan, ini lelucon keparat.
Kemudian ikan tersebut dibumbui dan dihidangkan kepada anda, dalam keadaan hidup-hidup.
Tidak jarang ketika orangnya sudah selesai makan, sang ikan masih hidup. Tentu saja dia tinggal menyisakan kerangka dan jantung yang masih berdetak.
Praktek makan ikan hidup-hidup ini populer di Jepang. Menjelang akhir 1990-an, seorang koki dari Jepang mendemokan cara memasak Ikizukuri secara live di sebuah stasiun televisi di Los Angeles dan disaksikan ribuan pasang mata. Hasilnya? Dia menerima banjir kecaman dan teror dari warga Amerika yang marah.
Mungkin hanya soal waktu, orang Jepang akan makan sapi hidup-hidup.
Sungguh mengerikan bukan? informasi tambahan ini juga di dapat dari internet. asli nya nonton di TV. kalo nonton di TV. miris deh lihatnya. kasian banget. tersiksa gitu ikan nya. kayak pepatah MATI SEGAN HIDUP TAK MAU. ikan itu kayak ngomong "BUNUH SAJA GUE,JANGAN SIKSA PERLAHAN GINI". just kidding. :p


2. Teh Tarik

Sebagian dari kita sudah tidak asing mendengar minuman satu ini. tapi saya lum pernah mencoba sich. ru lihat dari TV gimana orang buatnya. teh ini aslinya berasal dari India Selatan. dari nama nya saja kita sudah tau teh ini di buat dengan di tarik-tarik gitu. perlu keahlian khusus loh agar tidak terputus. dan teh tarik ini di tarik kira2 sebanyak 6x. di Indonesia sendiri para penjual ada yang berasal dari Arab, India, dan Aceh.


3. Latte Art

Latte Art yaitu kesenian melukis di atas kopi. ada senjak tahun 1998 di Italia. di atas kopi dapat dibuat beraneka gambar dengan menggunakan susu. susunya pun susu khusus yang lembut. jika prang meminumnya terasa susunya yang lembut dan rasanya lebih enak daripada kopi susu biasa. belum pernah coba sich. dari lihat TV juga. kayaknya enak. hehe. dan perlu keahlian khusus dalam pembuatan nya. kalau gag salah, ada sekolah khusus buat belajar ini loh. ^^ apakah anda berminat?



4. Volcano Pizza

pizza ini ciptaan orang Indonesia loh. tepatnya Bali. Pizza ini sebelum di makan di bakar terlebih dahulu di depan si pemesan nya. berbentuk bundar gitu. kemudian di bakar dan meletus. hal ini juga menjadi tontonan yang menarik bagi para pengunjung sehingga mengundang pengunjung untuk mencobanya. api ini bertahan lebih kurang 15 detik. supaya bisa gelembung gitu pizza nya di pompa loh. baru dech setelah itu bisa di makan. hehe. :p

inilah Penyajian makanan dan minuman yang unik.

1 komentar:

Henny Fadilla Ajram said...

woooww... pgn coba semuanya.. kecuali ikizuri...' bca artikel ikizurinya aja udh merinding..' kasian bgd ikanya... hikz..