RSS
Facebook
Twitter

Wednesday, December 15, 2010

pendidikan kewarganegaraan

1. Pendidikan KWN Berbasis Pancasila

-> Yaitu pendidikan yang mengajarkan atau berisikan "civic education","democracy education", serta "citizenship education" yang berlandaskan filsafat pancasila serta mengandung identitas nasional Indonesia, memiliki peran yang strategis dalam mempersiapkan warganegara yang cerdas, bertanggung jawab dan berkeadaban.

->Tujuan utama pendidikan ini adalah untuk menumbuhkan wawasan dan kesadaran bernegara, sikap serta perilaku yang cinta tanah air dan bersendikan kebudayaan bangsa, wawasan nusantara serta ketahanan nasional dalam diri para warganegara NKRI

->Dasar pemikiran pendidikan ini adalah jiwa patriotik, rasa cinta tanah air, semangat kebangsaan, kesetiakawanan sosial, kesadaran pada sejarah bangsa dan sikap menghargai jasa para pahlawan.


2. Wawasan Nusantara dan Wawasan Nasional

-> Wawasan nasional bangsa Indonesia dikenal dengan wawasan nusantara.

-> Wawasan berasal dari kata 'wawas' yang berarti pandangan, tinjauan, atau penglihatan indrawi. Akar kata ini membentuk kata 'mawas' yang berarti memandang, meninjau, atau melihat. 'wawasan' berati cara pandang, cara tinjau, atau cara melihat.

-> Nusantara bersal dari kata 'Nusa' yang berarti pulau-pulau, dan 'antara' yang berarti diapit diantara 2 hal. Nusantara dipakai untuk menggambarkan kesatuan wilayah perairan dan gugusan pulau-pulau Indonesia yang terletak diantara samudera pasifik dan samudera Indonesia, serta diantara benua Asia dan benua Amerika.

-> Wawasan nasional berati cara pandang suatu bangsa tetntang diri dan lingkungannya yang dijabarkab dari dasar falsafah dan sejarah bangsa itu sesuai dengan posisi dan kondisi geografi negaranya untuk mencapai tujuan atau cita-cita nasionalnya.

-> Wawasan nusantara berarti cara pandang bangsa tentang diri dan lingkungannya berdasarkan pancasila dan UUD 1945 serta sesuai dengan geografi wilayah nusantara yang menjiwai kehidupan bangsa dalam mencapai tujuan/cita-cita nasionalnya. berperan membimbing bangsa Indonesia dalam penyelenggaran kehidupannya serta sebagai rambu-rambu dalam perjuangan mengisi kemerdekaan.


3. Perkembangan Wilayah indonesia mulai dari Proklamasi-ZEE berkaitan dengan wawasan nasional

-> a. Senjak 17-8-1945 samapai dengan 13-12-1957

Wilayah negara RI ketika merdeka meliputi wilayah bekas Hindia-Belanda tahun 1939 tentang batas wilayah laut teritorial Indonesia.

-> b. Dari deklarasi Juanda (13-12-1957) sampai dengan 17-02-1969

Pada tanggal 13 desember 1957 dikeluarkan deklarasi juanda dengan tujuan berikut :

1.) Perwujudan bentuk wilayah NKRI yang utuh dan bulat.

2.) Penentuan batas-batas wilayah negara indonesia disesuaikan dengan asas negara kepulauan

3.) Pengaturan lalu lintas damai pelayaran yang lebih menjamin kkeselamatan dan keamanan NKRI.

-> c. Dari 17-02-1969 (deklarasi Landas Kontinen) - sekarang

Asas-asas pokok yang termuat di dalam deklarasi tentang Landas Kontinen adalah :

1.) segala sumber kekayaan alam yang terdapat dalam landas kontinen Indonesia adalah milik eksklusif negara RI

2.) Pemerintah Indonesia bersedia menyelesaikan soal garis batas Landas kontinen dengan negara-negara tetangga melalui perundingan.

3.) Claim tersebut tidak mempengaruhi sifat serta status dari perairan di atas landas kontinen Indonesia maupun udara di atasnya.

-> d. ZEE (Zona Ekonomi Eksklusif)

Pengumuman pemerintah negara tentang ZEE terjadi pada 21 Maret 1980. Batas ZEE adalah selebar 200 mil yang dihitung dari garis dasar laut wilayah Indonesia.



4. Periodisasi Perkembangan demokrasi di Indonesia

-> a. Periode 1945-1959

Masa demokrasi parlementer yang menonjolkan peranan parlemen serta partai-partai

-> Periode 1959-1965

Masa demokrasi terpimpin yang dalam banyak aspek telah menyimpang dari demokrasi konstitusional dan lebih menampilkan beberapa aspek dari demokrasi rakyat yang ditandai dengan dominasi presiden.

-> Periode 1966-1998

Masa demokrasi Pancasila era orde Baru menonjolkan sistem presidensial. nama pancasila hanya digunakan sebagai legitimasi politis penguasa saat itu, sebab kenyataannya tidak sesuai dengan nilai-nilai pancasila.

-> d.Periode 1999-sekarang

Masa demokrasi Pancasila era reformasi. masa ini peran Parpol kembali menonjol, sehingga iklim demokrasi memperoleh nafas baru.Model demokrasi era reformasi, kurang mendasarkan pada keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia


5. Tiga macam sistem pemerintahan demokrasi Indonesia

-> a. Demokrasi Parlementer

-> b. Demokrasi Terpimpin

-> c. Demokrasi retorika

NB To 2TK : Cory yach wooy, gag lengkap. Sisanya cari sendiri.

1 komentar:

Nova Maya Sari said...

thanks ling udah share... :)
nice posting ling :)