RSS
Facebook
Twitter

Tuesday, August 09, 2011

Rekayasa Perangkat Lunak : Bab V Testing Perangkat Lunak

Testing Perangkat Lunak



5.1 Objektif testing


testing adalah sebuah proses terhadap program/aplikasi untuk menemukan kesalahan dan segala kemungkinan yang akan menimbulkan kesalahan sesuai dengan spesifikasi software yang telah ditentukan sebelum aplikasi tersebut diserahkan kepada customer. testing bertujuan untuk menemukan kesalahan.


->; Proses testing :

1.error :> melakukan pengecekan error

2.requirements conformance :> konfirmasi spesifikasi awal

3.performance :> Penilaian performance

4. An indication of quality :> setelah dapat performance bisa identifikasi kualitas.


sebuah perangkat lunak dsb traceable jika memenuhi beberapa hal berikut :

1. operability

2.absorbability : apa yang kamu lihat adalah apa yang kamu testing.

3.controllability : makin mudah dikendalikan maka makin mudah pengujian dioptimalkan.

4.decomposability : pengawasan terhadap scope pengujian memudahkan isolasi pengujian.

5.simplicity : lebih sedikit item yang diuji akan lebih baik.

6.stability : sedikit perubahan lebih memperkecil proses pengujian.

7.understanbility : makin lengkap informasi semakin mudah proses pengujian.


Kategori testing menurut daniel J.Mosley :

1. pengujian statik ; termasuk sintaks dan inspeksi

2. pengujian dinamik ; logika mengkoding, melakukan eksekusi pada sumber code.

3. pengujian manual ; tanpa bantuan apa pun, pekerjaan dilakukan oleh manusia.

4. pengujian otomasi ; pengujian dengan alat bantu (compiler contohnya)


5.2 white box testing


->; pengujian yang dilakukan lebih dekat pada system untuk menguji prosedur-prosedur yang ada. (memflowchartkan koding)


5.3 black box testing


->; pengujian dilakukan untuk antarmuka perangkat lunak.

1 komentar:

Tutorial Blog Terbaru said...

hi sobat apa kabar? dah lama ne ane gak ada jalan ke sini.

Berhubung domain co.cc dibanned oleh Google dan blog ane salah satunya yang terkena imbasnya, maka ane memberitahukan ke sobat untuk mengganti alamat link ane di blog sobat, dan jika blog ane belum terpasang di sini mohon dipasang kembali (dan kalau bisa pasang di Home Page sob, karena ane juga pasang link sobat di sidebar Home ane)karena blog sobat sudah lama terpasang di blog ane (Silahkan ceck).

Blog ane yang diganti linknya adalah :

semula blog ane yang beralamat http://www.manrengat.co.cc/ (dengan Ancor Text : Man Rengat / Tutorial Blog Terbaru) mohon diganti alamatnya dengan http://mankita.blogspot.com/.