RSS
Facebook
Twitter

Wednesday, June 15, 2011

Unik : Peninggalan Menakjubkan berukuran raksasa "Megalitikum-CIANJUR"

lokasi Situs Megalitikum,terletak di Gunung Padang, Kecamatan Cempaka, Kab Cianjur.Situs Megalitikum Cianjur merupakan situs megalitik berbentuk punden berundak yang terbesar di Asia Tenggara. Ini mengingat luas bangunan purbakalanya sekitar 900 m2 dengan luas areal situs sendiri kurang lebih sekitar 3 ha.

Punden berundak Gunung Padang, dibangun dengan batuan vulkanik masif yang berbentuk persegi panjang. Bangunannya terdiri dari lima teras dengan ukuran berbeda-beda. Batu-batu itu sama sekali belum mengalami sentuhan tangan manusia dalam arti, belum dikerjakan atau dibentuk oleh tangan manusia.
Situs itu diperkirakan dibangun kira-kira 2.000 tahun sebelum Masehi atau sekitar 2.400 tahun sebelum kerajaan Nusantara pertama berdiri di Kutai, Kalimantan, atau kira-kira 2.800 tahun sebelum Candi Borobudur dibangun.

yg anehnya konon katanya kalau sedang pada malam selasa dan malam jum'at selalu ada suara gamelan khas Sunda yang tak mungkin manusia yg memainkan gamelan di malam hari.
Iicchh..serreeem..

tapi di balik kesereman nya itulah keunikannya..
kita harus bangga memiliki situs bersejarah..
coba aja bayangan manusia dulu dengan peralatan yang secanggih sekarang tapi bisa membangun bangunan megalitikum gitu.
bangunan raksasa.
gilee bener.
kalau zaman sekarang nih.
pakai apa tuh,,mobil-mobile gedek kayak geledor itu..yang untuk traktor itu..
haha
pokoknya gitu deh..
jadi kita sebagai generasi penerus bangsa harus tetap melestarikannya peninggalan2 bersejarah yang kita miliki yach.. ^^

4 komentar:

Feby Oktarista Andriawan said...

Kalo sekarang bangunnya pake mobil Frankie, hoho.. sebenernya gue pengen banget tinggal di rumah2 batu kayak di film flintstones gitu. Mari sama2 kita lestarikan peninggalan orang terdahulu. Yeah..

YULYANTI_TK_PCR said...

@Feby Oktarista Andriawan
rumah batu? haha..kita emang tinggal di rumah batu kok..
dari batu bata..wkwkwkw..
betul gag?
hahaha..
bedanya,kita cat lagi,semen,hehe..

ajurNA said...

keren sob, benar-benar menakjubkan peninggalan jaman dulu itu, dulu gak ada boldoser tp bisa membangun bangunan gede-gede.

inovasi karya anak bangsa menuju kemandirian nasional said...

kalo malam selasa / jumat ada suara gamelan,, malam minggu ada suara apa yakk?? #korbandugem :D