RSS
Facebook
Twitter

Monday, December 12, 2011

Reverse Proxy

Reverse Proxy 
a.      Pengertian 
Reverse proxy adalah sebuah proxy yang berada di depan dari web server, digunakan sebagai cache atau bisa juga sebagai load balancer. Reverse proxy menjadi perantara user-user di internet terhadap akses ke web-web server yang berada pada local area network, sehingga seolah-olah user di internet mengakses langsung web server yang dimaksud padahal sesungguhnya user di internet mengakses web-web server yang terdapat di local area network melalui reverse proxy tersebut. 

b.      Sejarah
Selama tahun-tahun awal internet, administrator situs menyadari kebutuhan untuk mencegah server mereka dari yang diakses oleh pengguna web tanpa merampas mereka dari layanan tersebut. Pada musim panas 1996, Apache HTTP proyek menulis modul add-on bernama mod_proxy di server web Apache 1.1 yang memungkinkan untuk bertindak seperti reverse proxy server. Server proxy Squid dirilis di sekitar waktu yang sama dengan opsi reverse proxy server. Hari ini, versi update dari kedua Apache web server dan Squid tetap digunakan secara luas untuk menjalankan website di seluruh dunia sebagai reverse proxy server. 

c.      Fungsi 
Sebuah reverse proxy server diperlukan dalam permintaan dari web browser di seluruh internet. Server proxy meneruskan permintaan tersebut ke server lain. Permintaan tersebut menghasilkan respon balik ke server proxy reverse, yang kemudian diteruskan kembali ke web browser. Misalnya, permintaan untuk mendapatkan informasi produk di toko online masuk ke server gambar yang menyimpan gambar produk serta server database, yang menyimpan harga persediaan, saat ini dan deskripsi item. 

d.      Penggunaan Umum
Salah satu penggunaan umum reverse proxy adalah untuk menyimpan sementara (cache) data statis (static data). Ketika proxy ini menerima sebuah request untuk konten statis, seperti gambar, suara, atau video, proxy ini akan menyimpan data sebelum mengirimkannya pada client. Di lain waktu informasi ini direquest kembali, reverse proxy dapat mengirimkanya langsung pada client, ketimbang harus meneruskan request pada web server sederhana. Hal ini dapat menghasilkan beberapa beban muat pada regular server. 

e.      Keamanan 
Sebuah server proxy reverse sangat meningkatkan keamanan website karena tidak ada server perusahaan secara langsung diakses ke internet. Selama pemilik website tidak menempatkan aplikasi kritis seperti email dan penggajian pada reverse proxy server, server lain perusahaan dan aplikasi yang aman. Sebagai contoh, seorang hacker ingin untuk menggantikan citra sebuah produk dengan porno dan perubahan harga produk untuk satu sen. Baik server foto atau server database produk dapat disentuh langsung oleh pengguna di internet. Karena reverse proxy server dan situs web tidak dirancang untuk pengguna untuk memperbarui gambar produk atau harga, hacker mungkin tidak akan berhasil dalam melakukan apa yang ia inginkan. 

f.       Keuntungan 
Dengan memisahkan kegiatan yang berbeda dari sebuah situs online, pemilik situs web mendistribusikan beban antara server yang berbeda seperti server database, server aplikasi dan server akuntansi sehingga tidak ada satu komputer melakukan segalanya. Reverse proxy server skala serta website tumbuh besar tanpa mengubah arsitektur aslinya. Banyak situs yang lebih besar menggunakan beberapa server proxy yang mengarah ke kelompok mesin yang berbeda untuk mendistribusikan beban lebih.

1 komentar:

heacked heker said...

saya sangat tertarik dengan apa yang anda tulis di atas, saya sangat ingin membut itu bagaimana langkahnya