RSS
Facebook
Twitter

Tuesday, October 04, 2011

Unik : Peninggalan Berukuran Raksasa | Arsitektur Neolithic

Unik : Peninggalan Berukuran Raksasa | Arsitektur Neolithic - Kali ini saya akan berbagi mengenai salah satu peninggalan berukuran raksasa lainnya yaitu Arsitektur Neolithic. Tahukah sahabar-sahabat blogger sekalian bahwa Arsitektur Neolithic adalah arsitektur dari periode Neolithic. Di Southwest Asia, kultur Neolithic nampak setelah 10000 BC, pada awalnya di Levant ( Pre-Pottery Neolithic A) dan Pre-Pottery Neolithic B) dan dari sana menyebar ke arah timur dan arah barat. Ada awal kultur Neolithic di Southeast Anatolia, Iraq dan Syria pada 8000 BC, dan masyarakat memproduksi-makanan yang pertama nampak di Europe bagian tenggara pada 7000 BC, dan Central Europe pada 5500 BC yang mana paling awal budaya kompleks meliputi Starčevo-Koros (Cris), Linearbandkeramic, dan Vinca). Dengan perkecualian yang sangat kecil ( beberapa tombak dan kampak tembaga terdapat di daerah Great Lake), masyarakat Amerika dan Pacific meninggalkan budaya Neolitic setelah mendapatkan kontak dari eropa


Orang-Orang neolithic di Levant, Anatolia, Syria, Asia Tengah dan Mesopotamia utara adalah para pembangun besar, mereka memanfaatkan batu bata-lumpur untuk membangun desa dan rumah. Pada Çatalhöyük, rumah diplester dan dicat dengan pemandangan yang rumit tentang binatang dan manusia. Di Eropa, rumah panjang dibangun dari konstruksi lumuran dan anyaman dahan kayu. Pusara yang besar untuk orang mati juga dibangun. Pusara ini terutama banyak sekali terdapat di Irlandia, keberadaannya berjumlah ribuan. Orang-Orang Neolithic di British Isles membangun long barrows dan kamar mayat untuk kematian mereka causewayed camps, henges flint mines dan monumen terkutuk.

Coba anda bayangkan saja bagaimana masyarakat pada zaman dulu meletakkan batu-batu tersebut secara berdiri dengan ukuran yang begitu besar tanpa alat bantu seperti angkutan berat dan lain-lain. Zaman yang belum mengenal media elektronik maupun internet ini begitu canggih dan menakjubkan. Makanya kita perlu menjaga monumen-monumen bersejarah ini agar suatu hari nanti masih dapat di kenang dan di abadikan serta menjadi bahan inspirasi bagi kita semua.

Sekian.. ^^

5 komentar:

Asop said...

Bisa jadi arsitektur jaman dulu lebih baik ketimbang sekarang. :)

Nanang Gunawan said...

Eitzz...
ada ling2 rupanya....

:D

Anonymous said...

Koreksi: Judul di atas "Peningggalan", huruf "g" nya berlebih. Google translate tidak membaca.

YULYANTI_TK_PCR said...

@Nanang Gunawan eitz..ada abang rupanya..hehe..

YULYANTI_TK_PCR said...

@Anonymous waah..thx banget yah..^^