RSS
Facebook
Twitter

Tuesday, October 11, 2011

Sekilas Tentang ASP.NET | ASP.NET

Sekilas Tentang ASP.NET | ASP.NET - ASP.NET adalah teknologi baru dalam pemrograman web yang merupakan kelanjutan dari teknologi ASP 3.0. Perbedaan utama dibanding ASP klasik adalah penggunaan .NET Framework sebagai pondasi pemrograman.
ASP.NET memiliki beberapa kelebihan, antara lain:
1. Kemudahan mengakses berbagai library .NET Framework secara konsisten dan powerful, yang mempercepat pengembangan aplikasi.

2. Penggunaan berbagai bahasa pemrograman secara penuh, misalnya VB.NET, C#, J#, dan C++. Dalam ASP.NET bahasa-bahasa ini dapat digunakan secara penuh sebagaimana layaknya bekerja di Windows Application. Hal ini jauh berbeda dibandingkan ASP klasik yang mengunakan scripting language. Misalnya VBScript agak berbeda syntaxnya dengan VB, dalam ASP.NET kita dapat menggunakan VB.NET dengan syntax yang 100% sama dengan ketika membangun Windows Application. Demikian juga dengan C#, tidak ada perbedaan syntax antara C# untuk membuat kode ASP.NET dengan Windows Form. Ini sangat memudahkan memprogram aplikasi Windows dan Web secara konsisten.

3. Tersedia berbagai Web Control yang dapat digunakan membangun aplikasi secara cepat. Programmer dapat dengan mudah mengaitkan data ke web control sebagaimana layaknya memprogram windows application. Hal ini sangat mempercepat pembuatan aplikasi dibandingkan harus menyusun kode-kode HTML secara manual.

4. Code Behind, artinya kode-kode pemrograman yang menjadi logic aplikasi ditempatkan terpisah dengan kode user interface yang berbentuk HTML. Ini sangat memudahkan dalam debugging, karena kode untuk presentation layer tidak tercampur dengan kode application logic.

Struktur Website
Pada bagian ini akan disebutkan file-file dan folder-folder penting pada Web Site beserta fungsi dan kegunaanya.

-->  File Konfigurasi
Web.config merupakan file yang sangat penting pada suatu aplikasi web yang dibangun dengan ASP.NET. File ini berfungsi sebagai file utama setting dan konfigurasi. File ini menggunakan format XML. Setting atau konfigurasi yang disimpan oleh file ini diantaranya adalah :
1. Connection String, konfigurasi untuk melakukan koneksi ke database server.
2. Application Setting, adalah konstanta yang dapat digunakan pada aplikasi web.
3. Security Configuration.
4. Session State Configuration.
5. Control Module Loading.
6. Compilation Setting.
7. Application Language.
8. Dan lain‐lain.

--> Tipe File ASP.NET
Berikut ini adalah tipe file yang umum digunakan pada ASP.NET, yaitu :
1. *.master adalah tipe file yang berperan sebagai MasterPage. File ini berfungsi sebagai template halaman aplikasi web agar mempunyai antarmuka yang seragam.
2. *.aspx adalah file web form.
3. *.ascx adalah file web user control.
4. *.asmx adalah file untuk keperluan web service.
5. *.resx adalah file resource yang dapat digunakan untuk mendukung globalization.
6. Dan lain‐lain.

--> Folder ASP.NET
Berikut ini adalah folder-folder yang mempunyai fungsi khusus bagi ASP.NET, yaitu :
1. Bin, direktori ini menyimpan DLL yang digunakan pada aplikasi web.
2. App_Data, menyimpan data seperti file MDF milik SQL Express, XML dan lain-lain.
3. App_Code, untuk menyimpan file class, dataset dan lain-lain. File-file yang disimpan pada folder ini akan secara otomatis di kompilasi atau di tranform ke bentuk lain sesuai dengan tipe file tersebut.
4. App_Theme, folder untuk menyimpan file ber-extension *.skin dan *.css.
5. App_GlobalResources, file untuk menyimpan file *.resx, data pada file *.resx pada direktori ini dapat digunakan pada seluruh halaman Web Site.
6. App_Browsers, file ini berfungsi untuk menyimpan file dengan extension *.browser. File *.browser mempunyai format XML yang berfungsi untuk mengidentifikasi browser yang mengakses halaman pada Web Site.
7. App_LocalResources, file untuk menyimpan file *.resx, data pada file *.resx pada direktori ini hanya dapat digunakan pada 1 (satu) halaman Web Site yang spesifik.
8. App_WebReferences, direktori ini menyimpan file *.wsdl yang menjadi referensi web service yang akan dikonsumsi oleh aplikasi web.

2 komentar:

Berbagi Kreativitas said...

Nice post sahabat..!! hmm makin memudahkan memprogram aplikasi Windows dan Web secara konsisten juga ya?? yang paling kerennya lagi, cepat dalam pebuatan aplikasinya & sipembuatpun mudah mengaitkan data ke web control, seperti menjalankan aplikasi windows aja gitu. Thanks untuk ilmunya sahabat, salam kompak selalu.

intan dinitra said...

artikelnya bgus gan, sangat bermanfaat buat kita2 yg baca.. Mampir juga yuk ke blog saya.. Itung2 buat tuker ilmu di seputaran ASP.NET.. Ini gan cekidot http://blog.jaringanhosting.com/index.php/category/nethosting/