RSS
Facebook
Twitter

Wednesday, December 21, 2011

Sekilas tentang SMS - Gateway | Teori

Sekilas tentang SMS - Gateway | Teori - Istilah  gateway, jika dilihat dari kamus bahasa Inggris-Indonesia diartikan sebagai pintu gerbang. Namun di dunia komputer, gateway dapat berarti jembatan penghubung antar satu sistem dengan sistem lain yang berbeda, sehingga dapat terjadi suatu pertukaran data antar sistem. Jadi, SMS gateway dapat diartikan sebagai penghubung jalur lintas data-data SMS, baik yang dikirim ataupun yang diterima.

Pada mulanya SMS gateway digunakan untuk menjembatani antar SMSC. Hal ini dikarenakan SMSC yang dibangun oleh perusahaan yang berbeda memiliki protokol sendiri dan protokol-protokol itu bersifat pribadi. SMS gateway diletakkan diantara kedua SMSC tersebut, yang berfungsi sebagai relay bagi keduanya, yang kemudian akan menerjemahkan data dari protokol SMSC yang lain yang dituju.

Namun, seiring kemajuan teknologi komputer, baik dari sisi hardware maupun software dan teknologi-teknologi komunikasi, SMS gateway tidak lagi sebagaimana ilustrasi di atas. Saat ini, SMS gateway diartikan sebagai suatu jembatan komunikasi yang menghubungkan perangkat komunikasi (dalam hal ponsel) dengan perangkat komputer.

Pengertian SMS gateway kemudian lebih mengarah pada sebuah program yang mengkomunikasikan antara sistem operasi komputer dengan perangkat komunikasi yang terpasang untuk mengirim atau menerima SMS. Dibutuhkan suatu interface baik dalam bentuk aplikasi maupun halaman web untuk membaca SMS masuk, atau mengirim SMS.

4 komentar:

Berbagi Kreativitas said...

Wah kumplit-plit.. Thanks sob untuk pencerahan untuk sms-gateway. :)

Sob minta dukungan-Nya dong..

Fazri said...

sms gateway.. baru denger tuh.
biasa kurang informasi.. sipp deh infonya

tika sweet said...

nice post...salam kenaal

Unknown said...

Mantep juga artikelnya