RSS
Facebook
Twitter

Tuesday, December 13, 2011

Customer Relationship Management (CRM)

Customer Relationship Management (CRM) 
Beberapa definisi CRM sebagai berikut :
1.    CRM adalah suatu istilah industri informasi untuk metodologi, software, dan pada umumnya untuk kemampuan internet yang membantu sebuah perusahaan mengatur hubungan dengan konsumennya dengan terorganisir.
2.    CRM adalah suatu proses mengatur seluruh aspek interaksi sebuah perusahaan dengan konsumennya termasuk didalamnya keberhasilan dalam penjualan dan pelayanan.
3.    CRM adalah sebuah pendekatan yang terintegrasi untuk mengindetifikasi, memperoleh dan menahan konsumen.
4.    CRM adalah suatu sistem informasi yang digunakan untuk perencanaan, penjadwalan dan kontrol sebelum penjualan dan pusat aktivitas penjualan dalam sebuah organisasi.
5.    CRM adalah suatu strategi bisnis yang memaksimalkan keuntungan, pendapatan dan kepuasan konsumen dengan pengorganisasian bagian disekeliling konsumen, mengembangkan kebiasan yang memuaskan konsumen, dan implementasi proses konsumen sentris.

Tipe dari CRM menurut Francis Buttle :
1.    Strategi CRM
Strategi CRM adalah inti strategi bisnis konsumen sentris yang bertujuan memenangkan dan menjaga keuntungan para konsumen.
2.    Operasional CRM
Operasional CRM difokuskan pada otomasi proses menghadapi para konsumen seperti penjualan, pemasaran, dan pelayanan konsumen.
3.    Analitikal CRM
Analitikal CRM difokuskan pada kepintaran pemikiran dalam merelasikan data konsumen untuk tujuan strategi atau taktis.
4.    Kolaborasi CRM
Collaborative CRM menggunakan teknologi lintas batas organisasi dengan sebuah pandangan untuk optimasi perusahaan, partner dan menilai konsumen.

1 komentar: