RSS
Facebook
Twitter

Friday, July 29, 2011

Info : Negara terkecil Di Dunia "Vatikan"

hallo sahabat-sahabat blogger.. sebelumnya apakah kalian tau mengenai negara Vatican? yang belum mengetahuinya akan kuberitahu nih. Vatican adalah negara terkecil di dunia. Negara ini terletak di dalam negara atau tepatnya terletak di dalam kota Roma. jadi di dalam kota Roma terdapat sebuah negara yang yang bernama negara Vatican.
diperkirakan bahwa daerah di kota roma yang sebelumnya tidak dihuni ini sudah dianggap suci loh.. bahkan sebelum kedatangan agama kristen yang dimana menjadi agama Nasionalnya. Tepatnya agamat kristen katolik.


Vatican merupakan suatu kawasan unik, sebuah contoh dari sebuah kerajaan dimana fungsi kepala negara, yaitu sang Paus tidak diwariskan tetapi dipilih seumur hidup oleh dewan Kardinal. Anggota dewan kardinal ini untuk memilih paus disebut konklaf dan dilaksanakan di Kapel Sistina. Tahukah sahabat-sahabat pembaca bahwa kata konklaf berasal dari bahasa latin cum clavis yang artinya "dengan kunci". Maksudnya merekalah memegang kunci pemilihan. Seperti mbah yang menjaga gunung merapi sampai akhir ajalnya yang disebut sebagai Sang Juru Kunci. Walah, dah nggak nyambung. hehe. kembali ke topik, Kata cum clavis juga memiliki arti bahwa para kardinal dikunci di kapel Sistina selama proses pemilihan tersebut.
 

Sebagai negara yang berdaulat,Vatikan juga mempunyai hak untuk mengirim dan menerima diplomat. Para diplomat ini membutuhkan Kedutaan Besar yang harus berkedudukan di kota roma. Kenapa di kota Roma? karena kota vatikan terlalu kecil. Jadi udah nggak muat. hehe. Dengan demikian ada sebuah situasi paradoksal dimana Italia mempunyai perwakilan di wilayahnya sendiri. Indonesia juga memiliki perwakilan di negara Vatican.
Vatikan juga merupakan salah satu dari sedikit negara berdaulat yang mempertahankan pengakuan diplomatik atas Republik Cina di Taiwan.

4 komentar:

Cara Mendaftarkan Blog ke DMOZ said...

kalo vatikan adalah negara terkecil, lalu penduduknya ada berapa ya?

Dunia Feby Andriawan said...

Wah jadi tau detil Vatikan nih, thanks infonya yaw.. :)

Unknown said...

@Cara Mendaftarkan Blog ke DMOZ.hhhee..pertanyaan yang bagus..kurang tau juga berapa..ntar deh kalo kesana baru dihitung..hehe

Unknown said...

@Feby Oktarista Andriawan..hehe..yoi..sama2.. ^^