RSS
Facebook
Twitter

Thursday, February 03, 2011

Sorting_metode Bubble Sort

Ada beberapa yang perlu diketahui mengenai Bubble Sort :
- Metode sorting termudah
- Diberi nama “Bubble” karena proses pengurutan secara berangsur-angsur bergerak/berpindah ke posisinya yang tepat, seperti gelembung yang keluar dari sebuah gelas bersoda.
- Bubble Sort mengurutkan data dengan cara membandingkan elemen sekarang dengan elemen berikutnya.
- Jika elemen sekarang lebih besar dari elemen berikutnya maka kedua elemen tersebut ditukar, jika pengurutan ascending.
- Jika elemen sekarang lebih kecil dari elemen berikutnya, maka kedua elemen tersebut ditukar, jika pengurutan descending.
- Algoritma ini seolah-olah menggeser satu per satu elemen dari kanan ke kiri atau kiri ke kanan, tergantung jenis pengurutannya.
- Ketika satu proses telah selesai, maka bubble sort akan mengulangi proses, demikian seterusnya.
- Kapan berhentinya? Bubble sort berhenti jika seluruh array telah diperiksa dan tidak ada pertukaran lagi yang bisa dilakukan, serta tercapai perurutan yang telah diinginkan.

Algoritma bubble sort adalah salah satu algoritma pengurutan yang paling simple, baik dalam hal pengertian maupun penerapannya. Ide dari algoritma ini adalah mengulang proses pembandingan antara tiap-tiap elemen array dan menukarnya apabila urutannya salah. Pembandingan elemen-elemen ini akan terus diulang hingga tidak perlu dilakukan penukaran lagi. Algoritma ini termasuk dalam golongan algoritma comparison sort, karena menggunakan perbandingan dalam operasi antar elemennya.

Dalam algoritma Bubble Sort ini, terdapat beberapa ciri khas yang cukup menonjol, Ciri khas dari algoritma Bubble Sort ini adalah cepatnya elemen-elemen besar menempati posisi yang tepat dan lambatnya elemen-elemen yang lebih kecil dalam menempati posisi yang tepat.

Kelebihan dan Kelemahan dari Bubble Sort
Setiap algoritma memiliki kelebihan dan kekurang masing-masing. Berikut kelebihan dan kelemahan dari algoritma bubble sort.

Beberapa kelebihan dari Bubble Sort :
- Algoritma yang simpel.
- Mudah untuk diubah menjadi kode.
- Definisi terurut terdapat dengan jelas dalam algoritma.
- Cocok untuk pengurutan data dengan elemen kecil telah terurut.

Beberapa kelemahan dari Bubble Sort :
- Tidak efektif dalam pengurutan data berskala besar.
- Langkah pengurutan yang terlalu panjang.

0 komentar: