RSS
Facebook
Twitter

Thursday, December 27, 2012

Tumbuhan Fenomenal

Halo, sahabar blogger yang masih setia membaca blogku.

Kali ini aku mau share tentang tumbuhan fenomenal yang jarang kita temui dilingkungan sekitar ataupun para sahabat pernah melihat tanaman ini tapi tidak pernah tau bahwa itu adalah tanaman fenomenal dan unik sekali.
Let's checked out, apa saja sih tanaman fenomenal yang aneh dan unik :

1. Nephentes Attenboroughi (Tanaman Pemangsa Tikus)


Yang pertama jatuh kepada tanaman bernama Nephentes Attenboroughi. Susah banget menyebut nama latin dari tanaman ini. Sekilas dipandang mirip kantong semar yah? Tapi ini bukan kantong semar loh sahabat. Kantong semar kan memakan semut dan serangga dan ukurannya tidak segede ini. Nephentes Attenboroughi sang pemakan tikus. Bukan kucing saja bisa memakan tikus ternyata. Seram banget!


Setelah mengulas dan membaca beberapa artikel saya menemukan beberapa informasi dan yang siap saya bagi dengan sahabat-sahabat blogger mengenai tanaman paling aneh ini. Tanaman ini merupakan salah satu tanaman pemakan daging di dunia. Ya iyalah, makannya saja tikus. 

Dengan menggunakan alat berupa kantung sebagai jebakan, tanaman ini mengeluarkan cairan enzim berupa asam di sekitar mulu kantong. Hal ini digunakan sebagai umpan untuk menarik perhatian mangsanya sekaligus sebagai senjata pembunuh. Umumnya yang tersisa hanyalah tulang-tulang hewan yang terperangkap didalamnya. 

Tanaman ini bisa tumbuh satu meter tingginya. Namun sampai sekarang tumbuhan ini hanya tumbuh di Gunung Vitoria, Filipina. Jika, sahabat bloger mampir ke Filipina dan berkunjung ke G. Victoria jangan lupa bawa pulang tanaman ini sebagai kenang-kenangan yah. Tanaman ini banyak manfaatnya jika diletakkan di rumah. Karena bisa membantu membunuh tikus yang berkeliaran dirumah para sahabar blogger. :p

2. Welwitschia mirabilis


Tanaman fenomenal kedua jatuh kepada tumbuhan satu ini. Tanaman dengan nama latin Welwitschia mirabilis ini telah hidup dari zaman purba dan sekarang hanya tumbuh di daerah sepanjang pantai Samudra Atlatik di Namibia dan Angola Selatan. Sebenarnya tanaman ini adalah sebuah pohon, emang sekilas tidak terlihat seperti pohon yah. Mana batangnya, mana daunnya, mana akarnya? ummmmm.... Setelah ditelaah ternyata oh ternyata, Keseluruhan tanaman ini terdiri dari satu batang pendek dan ditumbuhi 2 daun. jadi terlihat seperti gambar di atas. Kadang-kadang tanaman ini terlihat seperti gundukan sampah.



3. Rafflesia Arnoldii


Selanjutnya diurutan ketiga. Ada tanaman yang tidak asing kita dengar pelajaran-pelajaran IPA atau Biologi mengenai bunga yang satu ini. Bunga Rafflesia Arnoldii merupakan salah satu bunga kebanggaan Indonesia yang terkenal dengan baunya yang khas. Sesuai dengan nama panggilannya Bunga BANGKAI.

Benarkah baunya seperti bangkai? Ummm... belum pernah melihat langsung sih. Apa harus membawa masker saat dekat-dekat dengan bunga ini?

Tanaman ini merupakan bunga terbesar di dunia. Bunga ini adalah tanaman parasit yang tumbuh di jaringan tanaman merambat dan tidak memiliki daun sehingga tidak berfotosintesis. Bunga ini pertama kali ditemukan di hutan tropis Bengkulu (Sumatra-Indonesia). Sehingga Bengkulu dikenal dengan The Land of Rafflesia

Mau tau asal muasal nama si Rafflesia arnoldii ini? Kasih tau nggak yah? Mau Tau? Mau tau apa mau tau banget? :p
Seorang pemandu yang bekerja pada Dr. Joseph Arnold yang menemukan bunga raksasa ini pertama kali. Dr. Joseph Arnold sendiri saat itu tengah mengikuti ekspedisi yang dipimpin oleh Thomas Stamford Raffles. Jadi penamaan bunga Rafflesia arnoldii didasarkan dari gabungan nama Thomas Stamford Raffles sebagai pemimpin ekspedisi dan Dr. Joseph Arnold sebagai penemu bunga.

Sayangnya bunga ini hanya berumur 5-7 hari dan setelah itu layu dan mati. Persentase pembuahan bunga bangkai ini juga sangat kecil. Kenapa demikian? Karena bunga jantan dan bunga betina belum tentu tumbuh bersamaan dalam satu minggu, itu pun kalau ada lalat yang membuahi. Berarti lalat merupakan hewan yang sangat berpengaruh dalam pelestarian bunga bangkai ini juga yah. :)

Bagaimana info unik pada artikel kali ini? Semoga dapat bermanfaat bagi sahabat blogger untuk menambah pengetahuannya yah.
*Menerima kritik saran yang membangun untuk perbaikan di artikel-artikel berikutnya.

1 komentar:

Tommy may said...

mudah2an bisa di lesrtarikan dan dikembangkan..
slamat siang sob