RSS
Facebook
Twitter

Thursday, December 20, 2012

Tugas Kewirausahaan : Techno Fun Creative | Technopreneurship

EXECUTIVE SUMMARY

Techno Fun Creative merupakan unit usaha yang memproduksi headset yang dilengkapi dengan mp3 player, radio, video, dan webcam dalam satu paket dengan fitur terbaru yaitu dapat akses oleh banyak user menggunakan wifi dan bluetooth. Teknologi yang canggih dapat menjadi media yang menunjang aktivitas manusia salah satunya dengan diciptakannya teknologi baru yang dapat memudahkan pengguna dalam mendengarkan musik, radio, video dan berkomunikasi dengan video dalam jarak jauh. Techno fun creative berusaha terus menerus memberikan inovasi teknologi terbaik kepada pelanggannya yang haus akan teknologi. Kami akan mengeluarkan serangkaian produk dengan berbagai fitur dan pilihan baik dalam segi warna, bentuk, dan harga.

Produk

Produk terbaru yang ditawarkan oleh Techno Fun Creative berbagai headset dan berbagai media penghubungnya seperti wifi dan Bluetooth serta fitur utamanya adalah mp3 player, radio, video, dan webcam dalam satu paket/perangkat. Selain itu Techno Fun Creative melayani pesanan khusus sesuai keinginan pelanggan seperti bentuk, warna, fitur, dan media penghubung.

Konsumen

Pelanggan Techno Fun Creative adalah semua kalangan khususnya para pecinta teknologi. Pelanggan Techno Fun Creative dapat mendapatkan produk yang diinginkan dengan melalui telepon, email, sms, internet, dan langsung mengunjungi workshop Techno Fun Creative.

Management

Tim manajemen Techno Fun Creative dibentuk sebagai satu kesatuan yang memiliki semangat kerja tim yang kuat untuk mencapai tujuan bersama. Tim inti kami terdiri dari Nova Maya Sari, Siti Rahmah, dan Yulyanti dengan beberapa karyawan yang membantu proses perakitan dan pembuatan produk ini. Kami yakin bahwa produk yang kreatif, inovatif, unik, elegan, dan berkualitas tinggi akan menjadi salah satu keunggulan kompetitif bagi Techno Fun Creative. Hal ini akan tercapai bila didukung oleh orang-orang yang kompeten, kaya akan ide-ide kreatif serta memiliki dedikasi tinggi bagi pekerjaannya.

Higlight

Bisnis plan dipersiapkan untuk mencari tambahan modal dari pihak penanam saham sebesar Rp. 10.000.000. Adapun dana yang telah tersedia adalah milik pribadi pemilik Techno Fun Creative. Dari perhitungan yang telah dilakukan bahwa payback period dari bisnis ini sekitar 2 tahun.


COMPANY SUMMARY

Techno Fun Creative merupakan unit usaha menengah yang fokus memproduksi serta melayani pembelian headset dan perangkat teknologi lainnya. Lokasi display counter yang terletak dipusat kota Pekanbaru memudahkan Techno Fun Creative dijangkau oleh para konsumennya.

Lokasi dan fasilitas

Produksi unit-unit perangkat teknologi Techno Fun Creative dilakukan secara home production dengan membuka workshop. Hal ini selain untuk menghemat biaya, juga dapat memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat disekitar workshop Techno Fun Creative yaitu di daerah Rumbai Pekanbaru. Di workshop ini tersedia segala fasilitas-fasilitas berupa perlengkapan dan peralatan produksi perangkat teknologi. Adapun hasil-hasil perangkat teknologi yang sudah jadi dan ditujukan langsung pada end user akan didistribusikan melalui workshop Techno Fun Creative yang terletak didaerah Rumbai, Pekanbaru. Workshop di ruangan seluas 40 m2 ini akan terdiri dari ruang pembuatan, ruangk perakitan, gudang, dan area penjualan (etalase dan display rak).

Kepemilikan Usaha

Usaha ini akan dimiliki oleh anggota tim inti dengan pemilik saham.

Visi

Techno Fun Creative mengungkapkan segala ekspresi perasaan pelanggan melalui setiap sentuhan karya teknologinya.

Misi 

Techno Fun Creative memberikan nilai terbaik dari produk teknologinya bagi para pelanggannya dengan dedikasi penuh terhadap kualitas kepuasan pelanggan. Tujuan Tujuan didirikan Techno Fun Creative ini adalah untuk :
1. Menyediakan produk-produk teknologi kualitas terbaik sesuai dengan perkembangan teknologi.
2. Memperoleh laba dari hasil penjualan produk.
3. Menyediakan lapangan pekerjaan baru.

Key Success Factor

Faktor-faktor yang mampu menjadi kunci utama kesuksesan Techno Fun Creative kelak dapat dirangkum sebagai 3K, yaitu :
1. Kreatif dan Inovatif.
2. Kompetitif dan dapat bersaing secara global.
3. Kenyamanan pelanggan adalah moto kami.

PRODUK 

Dalam menjalankan fungsinya sebagai unit usaha yang bergerak dalam bidang teknologi, maka Techno Fun Creative harus memilki perincian terhadap produk yang akan dijual. Techno Fun Creative memberikan perangkat teknologi kualitas unggul, baik sebagai tambahan produk baru bagi usaha. Produk kami akan dibuat unik sesuai perkembangan teknologi yang ada.

Layanan Pelanggan 

Techno Fun Creative melayani pelanggan secara personal dan menjalin relasi yang baik dengan mereka. Pelanggan dapat meminta produk, layanan bahkan harga yang customized sesuai dengan kebutuhan.

Berikut ini adalah daftar produk-produk teknologi yang kami tawarkan :
Kode ItemJenis ProdukGambar
A1MP3 Player Via Bluetooth
B1MP3 Player Via Wifi

C1MP3 Player Via Bluetooth+Wifi
D1 (New) MP3 Player+Video Display+Camera via Wifi
E1 (New) MP3 Player+Video Display+Camera via Bluetooh and Wifi


RENCANA PEMASARAN

Lingkungan Bisnis

Kota Pekanbaru adalah ibu kota dari provinsi Riau,Indonesia yang merupakan kota perdagangan dan jasa, termasuk sebagai kota dengan tingkat pertumbuhan, migrasi dan urbanisasi yang tinggi. Pekanbaru dapat dijangkau melalui Bandar Udara Sultan Syarif Kasim II, Terminal antar kota dan antar provinsi Bandar Raya Payung Sekaki, Serta dua pelabuhan di sungai siak, yaitu Pelita Pantai dan Sungai Duku. 

Sejak tahun 2010, Pekanbaru telah menjadi kota ketiga berpenduduk terbanyak di Pulau Sumatera, setelah Medan dan Palembang. Laju pertumbuhan ekonomi Pekanbaru yang cukup pesat, menjadi pendorong laju pertumbuhan penduduknya. 

Letak geografis dan kondisi kependudukan dari kota pekanbaru yang seperti sekarang ini tentunya akan memicu pertumbuhan ekonomi dan usaha – usaha baru akan bermunculan, kondisi ini memberikan peluang yang sangat besar bagi Techno Fun Creative untuk mendapatkan customer – customer dengan strategi publikasi yang tepat. Kondisi kependudukan seperti ini memberi peluang bagi Techno Fun Creative dalam menjalankan usahanya.

Segment dan Target Pasar 

Yang menjadi segmen pasar Techno Fun Creative adalah semua kalangan masyarakat menengah sampai kalangan atas yang memiliki apresiasi terhadap teknologi yang terwujud dalam hasil perangkat keras. 

Positioning 

Techno Fun Creative memposisikan diri sebagai penghasil produk-produk perangkat teknologi dengan kualitas terbaik dan harga yang kompetitif di kelasnya.

Marketing Strategy

· Price Strategy :

o Memberikan harga reasonable dan bersaing. Karena produk Tecno Fun Creative dapat dibuat sesuai dengan perancangan yang ada pada workshop, maka harga pun disesuaikan dengan kualifikasi produk tersebut. Hal ini menolong pelanggan untuk dapat memperoleh produk sesuai dengan budget mereka. Harga reasonable dan bersaing dengan harga rata-rata di atas Rp. 200.000 – Rp. 800.000.
o Memberikan dikon 20% untuk setiap pemesanan di atas Rp.5.000.000.

 · Promotion Strategy:

o Mendaftarkan diri di www.tokobagus.com dengan fasilitas display nama usaha, alamat dan display contoh produk, informasi mengenai perkembangan produk dan desain perangkat teknologi terbaru, serta kesempatan dan kemudahan melakukan eksport dengan sesama anggota website (dapat memperluas jaringan Tecno Fun Creative). Biaya pendaftaran gratis.
o Mendaftarkan diri di www.amazon.com dengan biaya pendaftaran gratis dapat mencantumkan nama perusahaan, alamat serta contoh produk.
o Mengikuti pameran-pameran teknologi yang diadakan di Pekanbaru dan di Jakarta, dengan asumsi terdapat minimal 2 kali pameran setiap tahunnya.

Future Product 

Pengembangan bisnis yang dapat dilakukan dimasa akan datang antara lain dengan memproduksi produk perangkat teknologi dengan daya tahan penggunaanya yang tinggi dan material dari komponen-komponen berkualitas Selain itu dapat juga memperluas pasar dengan melakukan ekspor. Pengembangan juga dapat dilakukan dengan mulai mengadakan pelatihan ketrampilan perakitan dan pembuatan bagi para pekerja baru, sehingga skill mereka terus meningkat untuk menghasilkan produk yang berkualitas. 

MANAJEMEN SDM 

Sumber Daya Manusia Techno Fun Creative 

Pemilik sekaligus General Manager Techno Fun Creative adalah : Tim Inti yang terdiri dari Nova Maya Sari, Siti Rahmah, dan Yulyanti. Pegawai yang direncanakan sekitar 10 orang, dengan rincian sebagai berikut:

Kriteria Pegawai 

Pegawai-pegawai yang dipekerjakan diharapkan memenuhi kriteria-kriteria berikut :
o Bagian Produksi Perakitan dan Pembuatan :
· Pendidikan minimal SMK (lebih disukai dengan latar belakang teknik)
· Usia 17 – 30 tahun
· Mampu menggunakan alat-alat perakitan dan pembuatan teknologi ini.
· Tekun, kreatif, mau bekerja keras dan mampu bekerja dalam tim
· Sehat jasmani dan rohani

Job Description 


 1. Pemilik sekaligus General Manager : mengelola dan mengontrol Techno Fun Creative secara umum dengan melakukan promosi, pemantauan pegawai, penjualan, serta laporan keuangan. Selain itu berperan juga dalam pengembangan kreatifitas dan kualitas usaha Tecno Fun Creative.


2. Bagian Perakitan dan Pembuatan : merakit dan membuat perangkat teknologi sesuai dengan rancangan yang ada dengan penuh kreatifitas dan kemudian merealisasikannya menjadi suatu wujud karya teknologi yang berkualitas tinggi.

Waktu kerja 

GM, Perakitan dan Pembuatan bekerja selama 8 jam sehari, 5 hari dalam seminggu. Waktu kerja dimulai dari pukul 08.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB dengan diselingi istirahat sholat dan makan siang selama 1 jam pada pukul 12.00 WIB – 13.00 WIB.

Start Up Summary Biaya-biaya yang dibutuhkan sebagai modal awal untuk bisnis ini antara lain adalah:

Biaya Startup
Rincian Kebutuhan Awal Perlengkapan perakitan dan pembuatan =Rp. 10,000,000
Ijin usaha=Rp. 500,000
Persediaan saldo kas awal= Rp. 5,000,000
TOTAL KEBUTUHAN DANA INVESTASI = Rp. 15,500,000


PENDANAAN
Investasi
Pribadi Rp20,000,000
Pinjaman bank Rp10,000,000
TOTAL KEBUTUHAN DANA INVESTASI = Rp30,000,000

Salary dan Compensation 

Keuntungan yang didapat dari pengerjaan perangkat akan dibagikan 30% untuk 10 orang pegawai, 50% untuk GM dan pemegang saham, dan sisanya untuk pemeliharaan dan pengadaaan barang baru.

Asumsi-asumsi 

- Proyeksi pendapatan dengan scenario optimistik dengan pertumbuhan pendapatan 20% setiap tahunnya.
- Biaya listrik, air, dan internet dibiayai dari sisa keuntungan 20%.
- Adanya PPN sebesar 10%.

Oleh
Nova Maya Sari
Siti Rahmah
Yulyanti

Politeknik Caltex Riau
Teknik Komputer
2012

Nb : Tugas ini merupakan tugas dari dosen kewirausahaan semester 6 lalu. Tugas ini merupakan sebuah perencanaan dalam memulai sebuah bisnis. Jadi ini hanya berupa pemikiran saja.

0 komentar: