RSS
Facebook
Twitter

Sunday, March 24, 2013

Ketika Blogwalking Banyak Warna Kurasa



Hari sabtu, tanggal 23 Maret 2013 pukul 13.41 WIB, dengan perut sudah terisi aku memulai menulis artikel ini. Whoooaaam. :o Daripada habis makan langsung lalok. Mendingan ngerjain artikel ini yang bertema "Ketika Blogwalking". Dari bannernya saja sudah jelas bukan?

Oke, sebelum aku mengulas tentang artikel dengan tema "Ketika Blogwalking" ini. Flashback sejenak yuk. Kenapa aku bisa ikut serta dalam kontes artikel yang cetar membahana badai ini. Azzzeee, keluar deh lebai ku.

Beberapa minggu yang lalu (Muncul awan bulat-bulat diatas kepalaku)
Suatu hari yang panas, ada yang imvite pin BB ku. "Ting". Begitulah bunyinya. Singkat cerita aja nih. Haha. "Belum cerita udah singkat cerita saja". Seorang abang seniorku dikampus memasukkan aku di grup BLOGGER BERTUAH. Disanalah berkumpul para jawara-jawara, maupun para amatiran pecinta blog. hakz hakz hakz. :D Mulailah dari sana ada kontes menulis blog dengan tema "KETIKA BLOGWALKING". Walaupun hadiahnya tidak cetar membahana. Lumayanlah. Mana tau iseng-iseng berhadiah. hehe.

Back To The Future (Kembali ke laptop)
Intip judulku : KETIKA BLOGWALKING BANYAK WARNA KURASA.

Para pecinta blog pasti udah tahu dong?! Apa sih blogwalking itu?! Sederhananya, kayak kamu sekarang baca artikel ku inilah namanya BLOGWALKING. Jalan-jalan diblog orang sambil baca-baca artikelnya atau ingin nambah traffic diblog sendiri. Jadi, komentar di blog orang berharap dikomentar balik atau lagi cari tugas seabrek yang membutuhkan artikel yahhhuuut dari orang-orang yang ahli dibidangnya atau emang nggak ada kerjaan aja. Banyak latar belakang orang blogwalking itu.

Tapi bagaimana dengan saya sendiri? Aps sih yang saya rasakan selama saya blogwalking. Mau tau, yuk simak satu per satu paparan saya.

1. Memberi RASA 'Mendapatkan Ilmu Pengetahuan'
Bukannya sok pintar atau sok pengen tahu. Tapi salah satu manfaat kita blogwalking yah nambah-nambah ilmu dong. Kadang ilmu SEO, ilmu mempercantik blog, ilmu komunikasi, ilmu apa pun bisa muncul saat kita blogwalking. Jadi, bukan sekadar untuk menambah traffic pengunjung saja blogwalking itu, banyak ilmu yang bisa kita serap dari jalan-jalan diblog orang.

2. Memberi RASA 'Mendapatkan Teman Baru'
Terkadang dari blogwalkinh kita bisa menambah teman loh. Saya punya pengalaman pribadi dari hasil blogwalking, saya jadi mengenal senior di kampus saya yang tidak begitu saya kenal didunia nyata tapi jadi kenal didunia maya karena sama-sama suka nge-blog. Selanjutnya, teman blog saya yang tidak saya ketahui darimana rimbanya, dengan baik hati membuatkan banner untuk blog saya yang seperti gambar dibawah ini.
links note
keterangan : banner pemberian salah satu teman blog yang ntah dimana

Sebelumnya blog saya tidak memiliki banner. :( Sekarang saya punya banner saya sendiri. Saya jadi terharu sekaligus senang sekali saat itu. Maklum waktu itu masih benar-benar amatiran. hehe.

3. Memberi 'RASA Iri'
Kadang iri itu bukan suatu hal yang negatif kok kawan. Dengan rasa iri kita bisa terpacu untuk bisa seperti mereka-mereka yang buat kita iri. Jadi, lebih diexplore kearah yang positif. Namanya juga manusia pasti ada rasa iri dong. Terkadang iri melihat blog orang lain yang cetar membahana badai atau melihat blog orang lain dengan page rank yang bisa membuat kita gigit jari. "Kok bisa yah?!" Kita jadi penasaran dan terpacu untuk mengejar dong. Dulu blog aku ini page rank nya 0 dan bahkan nggak terdetect oleh Mr. Google. Miris nggak tuh?

Terkadang iri melihat mereka yang dengan bangga memajang page rank mereka dihalaman depan dengan se-abrek iklan. Blog yang dapat memasang google adsense, pokoknya blog yang bisa menghasilkan ($o$). Jadi terpacu deh menggali lebih dalam, bagaimana buat ini, bagaimana buat itu. Akhirnya saat aku tahu google memberi aku page rank 1. Senangnya bukan main. Yip Yip Horeeee, Yip Yip Horeee (Sambil lompat-lompat kegirangan). Sekarang was-was takut kembali ke 0 karena aku sudah jarang sekali ng-blog nih. Azzzz. Jumlah visitor juga sudah berkurang. Mudah-mudahan jangan kembali ke page rank 0 yah Mr. Google yang baik hati, ramah tamah dan nggak pernah sombong. :))

4. Memberi RASA 'Inspirasi'
Sambil blogwalking memberi kita inspirasi. Terkadang inspirasi tidak datang serta merta. Perlu waktu untuk mendapatkan sebuah inpirasi dalam menulis sebuah artikel. Tapi dilarang copy paste yah. Harus tetap original. Boleh mengambil kata-kata dari blog orang. Asal itu hanya sebagai sumber kita menulis blog. Misal kita mau mengulas sejarah Indonesia. Nggak mungkin dong ngarang bebas?! Perlu cari artikel-artikel lain yang mendukung. Itu mah hal yang wajar.

5. Memberi RASA 'Motivasi'
Terkadang dari blogwalking memberi kita motivasi. Mengapa demikian? Contohnya saat blogwalking, kita memberi komentar bagus ke blog orang. Walaupun kita tidak tahu, tapi si pemilik blog akan merasa senang bukan kepalang saat mendapat tanggapan positif dari artikelnya. Kemudian si pemilik blog kembali mengunjungi blog kita dan melakukan hal yang sama. Saat kita merasa senang itulah kita merasa termotivasi untuk menulis artikel lagi. Sama seperti halnya anak kecil, yang dipuji saat mendapat nilai bagus, akan berusaha mendapat nilai bagus kembali untuk mendapat pujian dari orang tuanya. Itu adalah hal yang manusiawi. Jadi, dengan blogwalking dan memberi komentar ke blog orang dan sebaliknya kita merasa termotivasi untuk menulis menulis dan menulis.

6. Memberi RASA 'Lapar'
Haha. Nomor 6 ini baru saya rasakan, langsung saya tuangkan ke dalam paragraf. Baru selesai makan, tapi ketika menulis otak kita bekerja dan energi terkuras. Makanan yang diolah pun menjadi energi dan menimbulkan rasa lapar kembali. Jadi, saat menulis pastikan tersedia makanan dan minuman disamping laptop anda jika malas untuk mengambilnya. Karena ada tipe orang yang kalau belum selesai tidak mau beranjak matanya dari laptop. Kenapa? Mungkin karena takut inspirasinya hilang, atau karena nanggung pengen diselesaikan dulu. Jadi, blogwalking yang berkelanjutan dapat membuat kita merasa lapar.

7. Memberi RASA 'Suka dan Duka'
Kenapa memberi rasa Suka dan Duka? Karena isi blog orang macam-macam. Ntah curhat atau puisi yang galau-galau, pokoknya macam-macam. Kalau membaca artikel lucu dan bikin ngocok perut kita bisa ketawa-ketawa depan laptop. Sampai si mama pun intip si anak kedalam kamar dengan muka heran dan khawatir ("Ngapain nih anak gue ketawat sendiri dalam kamar?", muka si mama menyiratkan seribu kekhawatiran). Bisa juga kita mampir di blog orang dengan curhatan kisah hidupnya yang menyayat hati. Kita tidak tahu cerita yang disampaikannya itu benar apa nggak. Yang penting kita merasa terbawa suasana saat membaca isi blog nya itu. Makanya kenapa saat blogwalking rasa suka dan duka bisa kita rasakan.

8. Memberi RASA 'Persaudaraan'
Walaupun tidak bersaudara, tapi saat ada yang rutin memberi komentar ke blog kita atau sebaliknya. Rasa persaudaraan itu muncul. Seperti kita bersaudara saja. Buktinya pakai kata-kata "BRO" (singkatan dari Brother) yang artinya saudara laki-laki. Padahal si punya blog bukan sodara kita. Atau "SIS" (singkatan dari sister) yang artinya saudara perempuan. Padahal bukan saudara perempuan kita. Macam-macam lah panggilan-panggilan gaul sesama para blogwalker. Karena kata-kata sapa itulah membuat para blogwalker serasa saudara sendiri.


"Bagaimana dengan kedelapan rasa yang kupaparkan sobat? Apa para blogwalker juga merasakan hal yang sama dengan yang kurasa? Kalau iya, acunnggkan jempol kaki kalian. AYoooooo... hehe... :D"
"Kenapa cuma delapan (8) Rasa sis?"
"Iya, menurut kepercayaan orang chinese Delapan (8) itu membawa HOKI. hehe. (Padahal dalam hati : "Lu kira gampang apa mikirin 8 buah itu!" Keluar langsung tendangan maut. haha. ^^v phis)

Cukup sekian pembahasan saya yang singkat ini (Padahal setelah saya cek sudah 1000 Kata lenih.haha.). Tunggu artikel lain saya yang cetar membahana badai yah. Atau silahkan kunjungi postingan saya yang lain (sekalian promosi).

Caaaooo dulu... yuk dagh dagh bye byyyee...

4 komentar:

Ais Bertuah said...

ikutan jadi lapar juga nih saya.. hahaha... dah ya mau blogwalking lagi... hehehe...

attayaya @riaumagz said...

blogwalking kemari membuatku menjadi lapaaar...
jiahahahahahaha.....
mantaaap...

Rudiansyah said...

ulasan menarik nih tentang blogwalking... ada suka ada duka ada lucu semua deh rasa manis asem asin, lengkap.. hehehe salam blogger bertuah... ^_^

Rudiansyah Rudy said...

yang paling bahaya itu yang no 3. Memberi 'RASA Iri'
,, lah iya kalo iri yang baik... kalo gak baik ya berabe juga.... apalagi yg iri pengunjung yg BW ke blog kita... ntahlah pusing hehehe