RSS
Facebook
Twitter

Saturday, August 04, 2012

Catatan : Kewirausahaan Bagian 2 | Entrepreneurship 2

Business Plan / Rencana Bisnis

Fungsi perencanaan bisnis
1. Sebagai pedoman untuk mencapai keberhasilan manajemen usaha
2. sebagai alat untuk mengajukan permodalan yang bersumber dari luar

Jangka waktu -> pendek -> menengah -> panjang

Pola penting business plan
1. Memilih bidang usaha
     Market > favourite > Resource
     Market = Bidang usaha tersebut ada pasarnya
     Favourite = bidang usaha tersebut kita senangi
     Resource = bidang usaha tsb memiliki keahlian untuk berkembang
2. Estimasi
    -> proyeksi  -> prediksi -> intuisi
3. Studi kelayakan
     -> pembanding -> informasi -> kerja sama
4. Kondisi lokal
    -> SDM   -> Bahan baku yg tersedia    -> spesifik (agama, budaya , adat)
5. Kapan memulai -> harus diperhitungkan aspek pasar
6. Membuat kebijaksanaan
    - Jenis usaha yang akan dikerjakan
    - Modal yang akan digunakan
    - Orang/lembaga
    - asuransi
    - kapasitas usaha
7. Rencana pemasaran
    a. memperkirakan penjualan
    b. mengukur pasar
    c. memilih teknik menjual
    d. membuat rencana penjualan
    e. menentukan harga
    f. rencana distribusi
    g. rencana promosi.
8. Rencana produksi
-> proses memanfaatkan bahan baku menjadi akhir melalui suatu kreasi.
-> 2 model produksi = pesanan dan perkiraan
-> lebih murah memproduksi dalam jumlah banyak
-> pembelian mesin / peralatan baru
9. Rencana keuangan dan anggaran
yang berpengaruh adalah -> program keuangan, anggaran, dan laba yang diharapkan

Pendekatan business plan
  SWOT analysis ; ada 2 faktor = internal (Strength & Weakness) dan Eksternal (Oppurtunity & Threat)

STRENGTHWEAKNESS
OPPORTUNITYSOWO
THREATSTWT


7P concepts
4P = Price, Place, Promotion, Product
3P = People, Physical evidence, process


PEMASARAN
-adalah Keseluruhan yang dipandang dari sudut pandang hasil akhir yang dicapai, yaitu dari sudut pelanggan.

Barang, jasa dan gagasan
1. Pemasaran barang konsumsi
2. Pemasaran barang industri
3. Pemasaran pada jasa
4. Pemasaran gagasan

Strategi pemasaran
1. Strategi penetrasi pasar
2. strategi pengembangan pasar
3. strategi pengembangan produk
4. segmentasi pasar

Segmentation-Targeting-Positioning (STP)
1. Segmentation = membagi / mengelompokkan pasar dalam beberapa tujuan
2. Targeting = memilih satu/lebih segmen pasar yang dijadikan target pasar.
3. Positioning = upaya mengkomunikasikan konsep produk agar masuk ke dalam benak konsumen.

Price = sejumlah uang/barang yang dibutuhkan untuk mendapatkan kombinasi dari barang lain yang disertai pemberian jasa.


1. Cost Based Pricing
- penetapan harga berdasarkan biaya yang dikeluarkan untuk menghasilkan produk
- karakteristik industri manufacturing = input > proses > output
2. Value Based Pricing
3. Competition based pricing
Contoh soal : 1000 pasang sepatu sejenis. untuk biaya sebagai berikut :
                     a. biaya lain 40jt ; b. tenaga kerja 20jt ; c.pintu kantor 10jt
                     keuntungan ingin 20% dari biaya total. Biaya unit sepatu yang harus dijual
jwb : Biaya total + %marjin = harga jual/total unit
        (40jt+20jt+10jt) + (20% x 70jt)
         70jt + 14jt = 84jt/1000
                          = 84.000 / unit

a) Cost Plus Pricing
- metode penetapan harga jual berdasarkan biaya total per unit untuk menghasilkan barang tersebut ditambah marjin keuntungan yang diharapkan.
  Rumus = Biaya Total + %marjin = harga jual / total unit

b) Mark-up Pricing
-Biasanya dipakai untuk produk-produk yang dibeli dan lansung dijual kembali kepada pihak lain tanpa melakukan perubahan lebih lanjut.
Contoh soal : 1000 psg sepatu sejenis @60.000. keuntungan yang diharapkan 20% dari harga beli.
jwb : 60.000 + (20% x 60.000) =
        60.000 + 12.000 = 72.000/pasang
Rumus = Harga beli + mark-up = harga jual

c) Break even price
Keterangan : Fc = Fixed cost
                    Vc = Variable cost
                    P = Selling price
                    BEP (x) = BEP dalam unit
                    BEP ($) = BEP dalam dolar

*Vc = harga bahan baku + tenaga kerja

ctk soal : jimmy stephen inc., has fixed cost of $10.000 this period. Direct labor is $1.50/unit, material cost is $0.75/unit, price is $4.00/unit. calculate BEP(x) and BEP($)?











Manajemen Keuangan dan Pembiayaan Usaha
Pendanaan usaha
1. modal sendiri
2. modal pinjaman







Contoh soal :
- nilai aktiva sebesar 500 jt terdiri dari 300 jt aktiva tetap dan 200jt aktiva lancar.
- biaya pinjaman 24%
- pajak progressive
a. laba s/d 10 jt = 15%
b. laba diatas 10jt s/d 50jt = 25%
c. laba diatas 50jt = 35%
laba sebelum bunga 125jt
Alat modal
1) modal sendiri 100%
2) modal sendiri 70%. modal pinjaman 30%
3) modal sendiri 30%. modal pinjaman 70%
Jawab : (Coba jawab sendiri yah..hehe..)

Kriteria investasi
1. Net Present Values





2.Profitability Index (PI)







Menghitung pengembalian investasi
1. metode payback period
 Keterangan :
P>1 = diterima
P<1 br="br" ditolak="ditolak">



1. Revenue = P x Q -> P = price ; Q= Quantity
2. Cost = Fc, Vc
3. Laba bersih = operating profit - bunga - laba sebelum pajak
 Contoh soal : arus kas setelah diselaraskan berjumlah 325jt untuk periode 8 th. Jika total investasi 195jt. hitung PP!
Jawab :





2. Net Present Value (NPV)
Keterangan :
Jika NPV (+) business plan diteruskan
       NPV (-) Business plan tidak diteruskan
       NPV (0) Business plan boleh/tidak diteruskan

1 komentar:

Diana Kurnia said...

Artikelnya Baguss....
Pada dasarnya bauran pemasaran adalah dasar dari perusahaan dalam menentukan strategi lanjtan pemasaran dalam rangka memenangkan pasar. Dengan adanya konsep bauran pemasaran ini perusahaan memiliki arah yang jelas dalam pencapaian target pemasarannya.
Sekedar ingin berbagi, barangkali bisa sedikit menambah referensi mengenai aplikasi konsep bauran pemasaran
Klik --> Makalah Aplikasi Bauran Pemasaran Pada Bank BNI