RSS
Facebook
Twitter

Wednesday, December 21, 2011

Sekilas tentang SMS - Gateway | Teori

Sekilas tentang SMS - Gateway | Teori - Istilah  gateway, jika dilihat dari kamus bahasa Inggris-Indonesia diartikan sebagai pintu gerbang. Namun di dunia komputer, gateway dapat berarti jembatan penghubung antar satu sistem dengan sistem lain yang berbeda, sehingga dapat terjadi suatu pertukaran data antar sistem. Jadi, SMS gateway dapat diartikan sebagai penghubung jalur lintas data-data SMS, baik yang dikirim ataupun yang diterima.

Pada mulanya SMS gateway digunakan untuk menjembatani antar SMSC. Hal ini dikarenakan SMSC yang dibangun oleh perusahaan yang berbeda memiliki protokol sendiri dan protokol-protokol itu bersifat pribadi. SMS gateway diletakkan diantara kedua SMSC tersebut, yang berfungsi sebagai relay bagi keduanya, yang kemudian akan menerjemahkan data dari protokol SMSC yang lain yang dituju.

Namun, seiring kemajuan teknologi komputer, baik dari sisi hardware maupun software dan teknologi-teknologi komunikasi, SMS gateway tidak lagi sebagaimana ilustrasi di atas. Saat ini, SMS gateway diartikan sebagai suatu jembatan komunikasi yang menghubungkan perangkat komunikasi (dalam hal ponsel) dengan perangkat komputer.

Pengertian SMS gateway kemudian lebih mengarah pada sebuah program yang mengkomunikasikan antara sistem operasi komputer dengan perangkat komunikasi yang terpasang untuk mengirim atau menerima SMS. Dibutuhkan suatu interface baik dalam bentuk aplikasi maupun halaman web untuk membaca SMS masuk, atau mengirim SMS.

Sunday, December 18, 2011

Embedded System | Ringkasan Mengenai Embedded System

Embedded System | Ringkasan Mengenai Embedded System - Embedded system adalah sistem komputer yang dirancang khusus untuk tujuan tertentu demi meningkatkan fungsi suatu mesin. Sesuai artinya, “embedded” yang berarti “mencocokkan”, maka bagian yag dicocokan meliputi peranti keras dan bagian mekanis lain. Hal ini berlawanan dengan sistem umum seperti yang kita kenal dapa Personal Computer (PC) yang bisa menjalankan banyak perintah sekaligus tergantung pada pemrogramannya.
 
Embedded system ini didedikasikan untuk perintah spesifik, seperti rancangan desain untuk mengoptimasi mesin, pengurangan ukuran dan biaya produk, atau meningkatkan performa kerja.
Sesungguhnya banyak produk massal yang merupakan hasil dari embedded system. Sebut saja MP3 Player, hingga peranti instalasi skala besar seperti lampu lalu lintas. Bahkan juga sistem pengontrol pembangkit listrik nuklir.

Embedded system adalah sistem dengan ciri-ciri sebagai berikut :
1. Mempunyai computing power. Dengan kata lain dilengkapi dengan sebuah processor
2. Bekerja di lingkungan luar ruangan IT. Jadi kemungkinan besar tidak dilengkapi dengan AC dan menghadapi gangguan dari luar seperti getaran dan debu.
3. Memiliki tugas yang spesifik. Beda dengan PC atau Server yang relatif lebih multi purpose

Embedded system biasanya di gunakan untuk aplikasi-aplikasi misalkan :
- Pengontrolan Pabrik.
- Komputer transaksi di Jalan Toll.
- Telemetri di tempat-tempat yang remote seperti misalkan pengamat ketinggian air di bendungan.
Peralatan Smart Electronic yang terpasang di dalam mobil

Apa itu Embedded System ?
- Sebuah system komputer yang tidak dapat diprogram ulang oleh user karena system tersebut dibuat khusus untuk melakukan pekerjaan tertentu didalam sebuah device / alat. (computer science).
- Sistem elektronik yang mempergunakan CPU chip, tetapi bukan CPU layaknya yang terdapat pada workstation, desktop atau laptop.
- Sistem yang dibuat untuk tujuan tertentu, dimana system tersebut akan bekerja untuk mengontrol device / alat dimana ia berada. Tidak seperti computer pada umumnya, embedded system melakukan tugas yang sangat spesifik.

Dari beberapa pengertian mengenai embedded system yang dijabarkan diatas dapat kita ambil suatu benang merah mengenai embedded system itu sendiri, yaitu suatu system / program yang sengaja dirancang untuk melakukan tugas yang sangat spesifik. Sehingga, karena tugas yang dilakukannya sangat spesifik dan berulang –ulang, tidak dibutuhkan kekuatan prosesor yang sangat tinggi. Dan hal ini akan sangat menghemat biaya produksi. Embedded system biasanya merupakan bagian dari piranti yang lebih besar.
Dalam hal ini, embedded system di pergunakan untuk meningkatkan kapabilitas piranti itu sendiri. Banyak dari kita yang tidak menyadari bahwa embedded system sebenarnya telah menjadi bagian dari kehidupan, karena mereka selalu ada di hampir semua piranti eletronik yang kita gunakan saat ini.

Beberapa embedded system yang banyak ditemui saat ini :
•Sistem Pemrosesan Signal
Real-time video, DVD players, peralatan kesehatan.
•Distributed control
Network routers, switches, firewalls, mass transit systems, elevators
•“Small” systems
Mobile phones, pagers, toys, smartcards, MP3 players, PDA, kamera digital,
sensors.

Karakteristik dari Embedded System
•Menjadi bagian dari system yang lebih besar
•Application-specific, bahkan sebagian bekerja dengan real-time Baik hardware maupun software dirancang khusus untuk aplikasi yang spesifik. Software yang dipergunakan untuk embedded system biasa disebut dengan firmware, dan disimpan di dalam ROM atau Flash Memory. Firmware tersebut bekerja dengan sumber daya yang sangat terbatas. (Tanpa Monitor, Keyboard dan memory yang besar)
•Interaksi dengan dunia fisik

Aspek-aspek yang membedakan Embedded System dari sistem lain :
a. Biaya (cost)
Ini merupakan aspek yang dapat dikatakan paling penting karena sangat mempengaruhi desain suatu embedded system secara keseluruhan. Dalam membuat suatu embedded system, biasanya dipilih komponen-komponen secara optimal, yaitu yang memungkinkan implementasi sistem tersebut tetapi dengan biaya yang serendah-rendahnya. Hal ini karena perbedaan harga sedikit saja dapat sangat berpengaruh ketika embedded system tersebut harus dipasarkan secara luas dalam jumlah yang besar.

b. Constraint waktu
Tidak sedikit embedded system yang sekaligus merupakan real-time system, yaitu sistem yang prosesnya terbatasi oleh batas waktu. Sistem-sistem ini umumnya merupakan sistem yang digunakan untuk keperluan yang kritikal, dan harus selalu aktif. Dengan demikian tidak seperti system komputer desktop yang dapat dilakukan reboot, misalnya untuk menjaga kestabilannya atau menangani serangan tertentu seperti virus, dalam embedded system tertentu hal tersebut mungkin tidak dapat diterima. Embedded system harus selalu stabil, termasuk dalam gangguan oleh serangan. Harus diperhatikan bagaimana jika suatu real-time system mengalami serangan Denial of Service (DoS) yang membuatnya menjadi lambat sehingga batas waktunya tidak lagi
terpenuhi.

c. Interaksi langsung dengan dunia nyata
Banyak embedded system, umumnya embedded control application, harus berhubungan langsung dengan dunia nyata. Akibatnya adalah kesalahan suatu gangguan bisa berakibat lebih fatal dibandingkan sistem komputer yang biasa. Jika misalnya suatu komputer server yang menyimpan database mengalami gangguan, paling parah yang terjadi adalah kehilangan data, dan apabila database tersebut di-backup secara berkala maka kerugiannya lebih kecil lagi. Hal ini akan sangat berbeda jika misalnya sistem kontrol dalam suatu pabrik kimia mengalami gangguan dan melakukan kesalahan.

d. Constraint energi
Banyak embedded system yang mengambil daya dari baterai. Hal ini berarti munculnya satu titik serangan baru pada embedded system, yaitu power supply.e. Elektronika Masih berhubungan dengan yang terakhir, karena embedded system merupakan sistem yang sangat erat dengan elektronika, maka seranganserangan atau gangguan juga mungkin dilakukan secara elektrik, misalnya analisis dengan multimeter, logic analyzer, dan sebagainya. Walaupun sistem komputer lain pada dasarnya juga merupakan alat elektronik, tetapi kemungkinan hal ini dilakukan lebih tinggi untuk embedded system.

Thursday, December 15, 2011

Souvenir Pernikahan Cantik | Dani-Craft

Souvenir Pernikahan Cantik | Dani-Craft - Pernikahan adalah sesuatu moment yang tidak akan dilupakan setiap orang sepanjang hidupnya. Mempersiapkan segala sesuatu yang terbaik untuk pernikahan itu adalah hal yang sangat penting. semuanya ingin dilakukan dengan sempurna dari tata rias, hidangan untuk para tamu, kostum dan tentu saja tidak ketinggalan souvenir pernikahan.


Terkadang Anda yang ingin memulai kehidupan baru bingung dalam hal pemilihan souvenir yang bagus untuk para tamu di hari pernikahan. Tapi tenang saja anda tidak perlu bingung sekarang telah hadir toko yang menyediakan berbagai souvenir pernikahan aneka pilihan dan beraneka kreasi unik yang pastinya ok-ok deh.


Anda bisa merekomendasikan souvenir pernikahan ini pada sanak-keluarga yang akan melangsungkan pernikahan.Harganya terjangkau dan tentu saja Anda bisa menghemat budget yang besar untuk sebuah acara pernikahan.


Anda dapat memilih berbagai souvenir pernikahan pilihan anda. Let's Check Out!
1. Gantungan Kunci Batok Kelapa
Lucu kali.. Gantungan ini dari batok kelapa. Kelapa merupakan buah khas Indonesia. Dari daun hingga buah maupun batang nya bisa dimanfaatkan. Kita perlu melestarikan salah satu kerajinan Indonesia.
Mungkin ini bisa jadi salah satu pilihan anda dalam memilih souvenir pernikahan. Rp.1000 saja /pcs.
 


2. Tempat Lilin Wiru
Souvenir ini merupakan salah satu best seller. Di samping harganya yang murah hanya Rp 1400 juga memiliki bentuk lucu dan unik. Jadi anda tidak perlu khawatir jika lilin yang anda pasang saat mati lampu merusak/mengotori lantai ataupun meja kan ada tempat lilin lucu dan unik ini.

Masih banyak lagi souvenir yang lucu-lucu. Ini hanya beberapa sample aja masih ada tempat sabun,asbak, kipas,tempat pensil dan masih banyak lagi. tentu saja dengan harga yang terjangkau. lucu-lucu kan? Ayo buruan rekomendasikan ke sanak keluarga Anda yang hendak melangsungkan pernikahan maupun anda sendiri yang ingin melangsungkan pernikahan! ^0^

Wednesday, December 14, 2011

My English Note | SOP | Job Advertisement,Application Letter, and Curriculum Vitae

SOP (Standard Operating Procedures)
An SOP is a set of instructions or steps someone follows to complete a job safely, with no adverse impact on the environment, and in a way that maximizes operational and production requirements.

Ten Reasons For Writting SOPs :
1. To provide individuals who perform operations with an the safety, health, environmental and operational informastion required to perform a job properly.
2. To protect the health and safety of employees, and protect the environment.
3. to protect the community
4. To ensure that operations are done consistently in order to maintain quality control of processes and products.
5. To ensure that processes continue and are completed on a prescribed schedule.
6. To ensure that no failures occur in manufacturing and related processes taht would harm employees or anyone in the surrounding community.
7. To ensure that approved procedures are followed in compliance with company and government regulations.
8. To serve as a training document for teaching users about a process.
9. To serve as an historical record of the how, why, and when of steps in a process for use when modifications are made to that process and when a SOP must be revise.
10. To serve as an explanation of steps in a process that can be reviewed in incident investigations that sek to improve safety practices and operating.

Who should you write an SOP for?
-> for people who perform jobs by themselves, who work together on a job, and who supervise other people doing a job.
When should you write an SOP?
-> for all job before a job is begun.
How long should an SOP be?
-> SOPs can be either long, short or both.

5 elements of SOP : Title page, Table of contents, procedures, quality control and qualiti assurance section and reference section.

Job Advertisement,Application Letter, and Curriculum Vitae
four most important areas of information :
1. The company name, the company contact information, and company description.
2. the job title,job number, and job requirements.
3. the contact person.
4. application requirements.

Cover Letter : 1. Heading, 2. Introduction, 3. Argument / body Paragraphs, 4. closing.

and the last, don't forget how writing a application letter according to CV.
thanks..^^

Tuesday, December 13, 2011

Customer Relationship Management (CRM)

Customer Relationship Management (CRM) 
Beberapa definisi CRM sebagai berikut :
1.    CRM adalah suatu istilah industri informasi untuk metodologi, software, dan pada umumnya untuk kemampuan internet yang membantu sebuah perusahaan mengatur hubungan dengan konsumennya dengan terorganisir.
2.    CRM adalah suatu proses mengatur seluruh aspek interaksi sebuah perusahaan dengan konsumennya termasuk didalamnya keberhasilan dalam penjualan dan pelayanan.
3.    CRM adalah sebuah pendekatan yang terintegrasi untuk mengindetifikasi, memperoleh dan menahan konsumen.
4.    CRM adalah suatu sistem informasi yang digunakan untuk perencanaan, penjadwalan dan kontrol sebelum penjualan dan pusat aktivitas penjualan dalam sebuah organisasi.
5.    CRM adalah suatu strategi bisnis yang memaksimalkan keuntungan, pendapatan dan kepuasan konsumen dengan pengorganisasian bagian disekeliling konsumen, mengembangkan kebiasan yang memuaskan konsumen, dan implementasi proses konsumen sentris.

Tipe dari CRM menurut Francis Buttle :
1.    Strategi CRM
Strategi CRM adalah inti strategi bisnis konsumen sentris yang bertujuan memenangkan dan menjaga keuntungan para konsumen.
2.    Operasional CRM
Operasional CRM difokuskan pada otomasi proses menghadapi para konsumen seperti penjualan, pemasaran, dan pelayanan konsumen.
3.    Analitikal CRM
Analitikal CRM difokuskan pada kepintaran pemikiran dalam merelasikan data konsumen untuk tujuan strategi atau taktis.
4.    Kolaborasi CRM
Collaborative CRM menggunakan teknologi lintas batas organisasi dengan sebuah pandangan untuk optimasi perusahaan, partner dan menilai konsumen.

Monday, December 12, 2011

Reverse Proxy

Reverse Proxy 
a.      Pengertian 
Reverse proxy adalah sebuah proxy yang berada di depan dari web server, digunakan sebagai cache atau bisa juga sebagai load balancer. Reverse proxy menjadi perantara user-user di internet terhadap akses ke web-web server yang berada pada local area network, sehingga seolah-olah user di internet mengakses langsung web server yang dimaksud padahal sesungguhnya user di internet mengakses web-web server yang terdapat di local area network melalui reverse proxy tersebut. 

b.      Sejarah
Selama tahun-tahun awal internet, administrator situs menyadari kebutuhan untuk mencegah server mereka dari yang diakses oleh pengguna web tanpa merampas mereka dari layanan tersebut. Pada musim panas 1996, Apache HTTP proyek menulis modul add-on bernama mod_proxy di server web Apache 1.1 yang memungkinkan untuk bertindak seperti reverse proxy server. Server proxy Squid dirilis di sekitar waktu yang sama dengan opsi reverse proxy server. Hari ini, versi update dari kedua Apache web server dan Squid tetap digunakan secara luas untuk menjalankan website di seluruh dunia sebagai reverse proxy server. 

c.      Fungsi 
Sebuah reverse proxy server diperlukan dalam permintaan dari web browser di seluruh internet. Server proxy meneruskan permintaan tersebut ke server lain. Permintaan tersebut menghasilkan respon balik ke server proxy reverse, yang kemudian diteruskan kembali ke web browser. Misalnya, permintaan untuk mendapatkan informasi produk di toko online masuk ke server gambar yang menyimpan gambar produk serta server database, yang menyimpan harga persediaan, saat ini dan deskripsi item. 

d.      Penggunaan Umum
Salah satu penggunaan umum reverse proxy adalah untuk menyimpan sementara (cache) data statis (static data). Ketika proxy ini menerima sebuah request untuk konten statis, seperti gambar, suara, atau video, proxy ini akan menyimpan data sebelum mengirimkannya pada client. Di lain waktu informasi ini direquest kembali, reverse proxy dapat mengirimkanya langsung pada client, ketimbang harus meneruskan request pada web server sederhana. Hal ini dapat menghasilkan beberapa beban muat pada regular server. 

e.      Keamanan 
Sebuah server proxy reverse sangat meningkatkan keamanan website karena tidak ada server perusahaan secara langsung diakses ke internet. Selama pemilik website tidak menempatkan aplikasi kritis seperti email dan penggajian pada reverse proxy server, server lain perusahaan dan aplikasi yang aman. Sebagai contoh, seorang hacker ingin untuk menggantikan citra sebuah produk dengan porno dan perubahan harga produk untuk satu sen. Baik server foto atau server database produk dapat disentuh langsung oleh pengguna di internet. Karena reverse proxy server dan situs web tidak dirancang untuk pengguna untuk memperbarui gambar produk atau harga, hacker mungkin tidak akan berhasil dalam melakukan apa yang ia inginkan. 

f.       Keuntungan 
Dengan memisahkan kegiatan yang berbeda dari sebuah situs online, pemilik situs web mendistribusikan beban antara server yang berbeda seperti server database, server aplikasi dan server akuntansi sehingga tidak ada satu komputer melakukan segalanya. Reverse proxy server skala serta website tumbuh besar tanpa mengubah arsitektur aslinya. Banyak situs yang lebih besar menggunakan beberapa server proxy yang mengarah ke kelompok mesin yang berbeda untuk mendistribusikan beban lebih.